Home » , , » VITAMIN A DAN OBAT CACING DIBERIKAN GRATIS

VITAMIN A DAN OBAT CACING DIBERIKAN GRATIS

CAMPAKAMULYA__ Februari merupakan bulan Vitamin A untuk anak balita, dibulan ini, Puskesmas Campakamulya memberikan Vitamin A secara cuma-cuma kepada sasaran yang dilaksanakan di tiap Posyandu. Pentingnya konsumsi Vitamin A dan obat cacing diusia dini menjadi perhatian yang serius. Pemberian Vitamin A diberikan dua kali dalam setahun tiap bulan Februari dan Agustus. pemberian suplemen Vitamin A pada anak dengan kelompok umur 6-59 bulan dengan dosis yang berbeda, dimana anak usia 6-12 bulan diberi warna biru dan diatas 12-59 bulan warna Merah. Sedangkan untuk pemberian obat cacing diberikan untuk usia 1-12 tahun bagi anak pra sekolah samapai dengan sekolah yang diberikan tiap tahun dengan dosis untuk anak usia 1-2 tahun 200 mg dan usia lainnya sampai 12 tahun diberi 400 mg.

Kegiatan pemberian Vitamin A bulan Februari berbarengan dengan pemberian obat cacing. adpun tempat pelaksanaan pemberian Vitamin A dan obat Cacing di Posyandu, PAUD dan Sekolah tingkat Dasar (SD/MI) dalam wilayah Kecamatan Campakamulya. 

Kecacingan secara umum mengakibatkan kerugian langsung oleh adanya gangguan intake makanan, pencernaan, penyerapan serta metabolismenya, sehingga secara kumulatif infeksi cacing pada anak menimbulkan kekurangan gizi (kalore dan protein) serta kehilangan darah dengan akibat akhir adalah hambatan perkembangan fisik, kecerdasan, produktifitas kerja serta menurunkan ketahanan tubuh.

Pemberian Vitamin A perlu diiringi dengan pemberian obat cacing agar penyerapan zat gizi pada balita sempurna dan dapat meningkatkan status gizi masyarakat, kecacingan pada anak akan menimbulkan masalah kesehatan berupa kekurangan gizi yang bersifat kronis yang apa akhirnya dapat meningkatkan resiko kesakitan. (Boed/FKGSC).


Bagikan :

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Memberikan SPAM
Marilah kita jalin Blogger yang bijak dan santun

CAMAT CAMPAKAMULYA