Home » , , » Tim Kreatif Visit Campakamulya (TKVC)

Tim Kreatif Visit Campakamulya (TKVC)


Tim Kreatif Visit Campakamulya seterusnya disingkat TKVC merupakan kumpulan anak muda yang mempunyai visi yang sama terhadap kemajuan Campakamulya. Campakamulya merupakan sebuah wilayah kecamatan di tengah-tengah Wilayah Kabupaten Cianjur. Keberadaan kecamatan ini jauh dari dikenali oleh masyarakat luas baik oleh masyarakat Cianjur maupun lebih luas lagi. Campakamulya yang hanya terdiri dari 5 (lima) desa tersebut terhalang oleh 2 (dua) kecamatan besar dan cukup terkenal yaitu Campaka (induk Campakamulya) dan Sukanagara (kental dengan sejarah bendera merah putih jahitan Fatmawati). Campakamulya pun tenggelam oleh ketenaran salah satu desa yang pernah menjadi induk desa yang meliputi 5 (desa) di Campakamulya dan 2 (dua) desa di Kecamatan Campaka yaitu: Cibanggala. Di sisi lain, Campakamulya tenggelam oleh nama daerah pusat perekonomiannya yang sedari dulu telah eksis, yaitu: Warungkadu (pusat pemerintahan Desa Cibanggala sejak berdiri dan Cisokan, sebuah terminal angkutan umum diperbatasan Desa Campakamulya dengan Desa Cilangari, Kabupaten Bandung Barat). Sejarah Campakamulya bisa dibaca di Sejarah Cibanggala.

Campakamulya merupakan daerah pegunungan, 70 % wilayahnya terdiri dari lembah dan bukit dan sebagian besar penduduknya merupakan petani. Dikarenakan daerah pegunungan yang dialiri oleh beberapa sungai besar menuju lembah, maka tidak dapat dipungkiri di Campakamulya akan banyak ditemukan air terjun atau curug. Salah satunya yaitu Curug Tilu Sukabungah yang buka kembali sekitar Bulan Februari 2017. Ketika itu, Camat Campakamulya, Aris Haryanto, AP., M.Si. berinisiatif untuk mencari potensi wisata yang bisa dikembangkan, dan bersama Tim Ekspedisi yang dimotori oleh Deny Oktoriyana/deniwildan, selaku Kepala Seksi Pemerintahan dan Pembedayaan Masyarakat (PPM) melakukan pengambilan video di Curug Tilu. Tim ini diawaki oleh Entis “menak” Sutisna dan Yudi “Perbakin” Rahtiawan” bekerja sama dengan Perangkat Desa Sukabungah.

Sembilan bulan kemudian seiring dengan bergantinya kepemimpinan kecamatan yaitu beralih ke, Iyus Yusuf, S.STP., M.Si. kembali menginginkan adanya potensi wisata yang bisa dieksplore. Kali ini, Kasi PPM mencoba kembali membawa Tim Ekspedisi Bulan Februari 2017 namun kali ini bekerja sama dengan Fasilitator Kecamatan (FK) Generasi Sehat Cerdas (GSC) Abud Ubaidillah untuk membuat video profil yang lebih baik. Selepas pengambilan video, di warung kecil, beristirahatlah, sambil ngopi, berdialog santai. Di tengah-tengah obrolan, Kasi PPM berceloteh: “ingin rasanya Campakamulya mempunyai tim kreatif independen yang bisa memperkenalkan potensi-potensi di Campakamulya, ya… untuk gerakan Visit Campakamulya misalnya……” Kejadian ini berlangsung pada tanggal 7 November 2017, Pukul 11.00 dan sorenya hasil Video di Uplod di Channel Kecamatan Campakamulya.

Selorohan ini, asalnya berlalu begitu saja, tidak ada pikiran untuk membentuk tim ini ataupun tim itu, yang ada hanya bagaimana caranya memperkenalkan Curug tilu ini. Seiring dengan keinginan Bupati Cianjur, H. Irvan Rivano Muchtar pada saat Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Bulan November 2017, yaitu ingin ada potensi wisata yang bisa diunggulkan di setiap kecamatan. Camat Iyus, langsung memerintahkan Kasi PPM bersama Tim Ekspedisi untuk membuat video yang unik dan artistik untuk memperkenalkan Curug Tilu. Kasi PPM pada waktu itu “lieur” karena Tim Ekspedisi yang bulan lalu ikut tidak bisa bergabung. Entis Menak sedang ke Cianjur Kota, dan Yudi Perbakin sedang melaksanakan Perekaman E- KTP. Dihubungilah FK GSC untuk merapat ke Kantor Kecamatan, dan berdiskusilah untuk membuat sebuah video profil Curug Tilu. Pertemuan tersebut pada tanggal 1 Desember 2017, 1 jam sebelum jumatan.

Pada saat itu, dihasilkan bahwa kita harus membuat sebuah lagu tema Curug Tilu dan Videoklipnya. Dihubungilah Agus Nugraha seorang Guru dari SDN Sukajembar yang mempunyai bakat dengan lagu dan musik oleh FK GSC untuk mengarang sebuah lagu. 3 (tiga) hari kemudian lirik lagu sudah selesai dan dishare ke Camat Iyus dan Kasi PPM. Setelah dirasa cukup maka dimintalah FK GSC oleh Kasi PPM untuk mengaransemen lirik tersebut menjadi sebuah lagu Pop Sunda. Dan 2 (dua) hari kemudian aransemen lagu sudah jadi. Setelah Lagu tema Curug Tilu jadi yang menjadi persoalan adalah siapa yang melantunkannya.

“lieur” lagilah FK GSC untuk mencari pelantun lagu ini, maka FK GSC dengan teman-temannya yang pada waktu itu belum deklarasi TKVC berdiskusi dan menghasilkan keputusan bahwa yang melantunkan lagu ini adalah Ai Sri Yusnia. Ai merupakan seorang bidan di Puskemas Campakamulya dan mempunyai grup musik electone. Vokal Ai cukup merdu dan sesuai dengan genre pop sunda. Malam-malam (9/12/2017) Agus Nugraha bersama teman-teman melaksanakan pengambilan sampel suara Ai yang hanya direkam oleh HP android Agus Nugraha. Seminggu kemudian (16/12/2017), karena permintaan mendesak dari Kasi PPM untuk segera merealease  lagu tersebut, maka FK GSC dan teman-teman berusaha dengan peralatan seadanya yaitu: 1 DSLR, 1 Kamera Digital dan 1 handycam berusaha melaksanakan pengambilan video di Curug Tilu. Proses yang terlalu sempit untuk editing dan mixing lagu serta pembuatan klip yang mengakibatkan kualitas suara dan gambar menjadi kurang. Akan tetapi dengan kelihaian FK GSC di Videoklip, Agus Nugraha di Suara dan Lagu serta Anggi Nurman di Pengambilan Gambar selesailah proses pembuatan Lagu Tema Curug Tilu tersebut dengan hasil yang memuaskan.

Pada Tanggal 21 Desember 2017, pukul 15.00 sore, File klip lagu tersebut diserahkan ke Kasi PPM dan Kasi PPM segera menghubungi Humas Kabupaten Cianjur untuk meminta meluncurkan klip ini di Channel Humas Cianjur. Pukul 16.00, Bayu dari Humas Cianjur merespon dan segera uplod lagu ini di Channel Youtube Humas Cianjur.

Nah, di videoklip ini ada thumbnail, TKVC, maka ditanyalah FK GSC oleh Kasi PPM, apa artinya semua ini. FK GSC menjawab “ini semua karena keinginan bapak untuk mempunyai sebuah tim untuk memperkenalkan Campakamulya”. Esok harinya, berdasarkan petunjuk dari Camat Iyus, maka dibentuklah Tim Kreatif Visit Campakamulya sebagai Tim Dokumentasi dan Publikasi di bawah Seksi PPM yang dipimpin oleh Deny Oktoriyana. Jadi Hari Lahir dari TKVC sepakat adalah 21 Desember 2017, seiring diuplod dan viralnya Lagu Tema Curug Tilu.

Adapun, TKVC ini terdiri dari:
Manager                               : deniwildan
Manager Pelaksana            : abud ubaidillah
Penggarap Lagu dan Musik : agus nugraha
Penggarap videoklip : anggi nurman
Logistik                                 : Agus Triyana dan raden yuspi
 




Bagikan :

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Memberikan SPAM
Marilah kita jalin Blogger yang bijak dan santun

CAMAT CAMPAKAMULYA