Home » , , , » Musim Samen Di Campakamulya 2014

Musim Samen Di Campakamulya 2014

Diposkan oleh deni wildan | Monday, June 23, 2014 | 10:05:00 AM

Musim Samen Di Campakamulya 2014
Samen berasal dari Bahasa Belanda yang artinya bersama-sama (sumber:http://id.wiktionary.org/wiki/samen). Namun sudah menjadi bahasa keseharian Masyarakat Sunda kebanyakan, khususnya di Daerah Cianjur yang mempunyai arti Perayaan Kenaikan Kelas/Perpisahan kelas terakhir (6 di SD, 3 di SMP/SMA). Hal ini cukup beralasan karena samen merupakan acara bersama antara Dewan Guru, Komite Sekolah, Murid, Orang Tua dan masyarakat sekitar sekolah, sehingga samen seperti acara wajib apabila tahun pelajaran sudah berakhir. Awal mulanya, samen mengetengahkan hasil kreasi siswa pada akhir tahun pelajaran, atau di negara-negara barat disebut juga Resital Sekolah yang artinya mempertunjukan kreasi seni setelah belajar sekian lama.

Di Campakamulya, samen di mulai sejak seminggu terakhir, sampai tanggal 24 Juni 2014 pun masih ada yang yang merayakan. Kebiasaan di Campakamulya samen mempersembahkan hasil kreasi siswa yang berlatih selama 2 minggu atau sebulan setelah Ujian Akhir Sekolah. Sambil menunggu pembagian rapot para siswa berlatih untuk dipertunjukan pada acara samen yang sudah direncanakan melalui Musyawarah Orang Tua Siswa melalui Komite Sekolah.

Admin mencatat beberapa keunikan dari pergelaran samen ini, ada sekolah yang menampilkan kreasi siswa saja, ada juga yang dicampur oleh Pertunjukan musik electone dangdut, ada juga yang disatukan dengan Peringatan Hari Besar Islam (Isra Mi'raj) sesuai dengan hasil kesepakatan orang tua siswa.

Pada samen ini seluruh masyarakat menunggu-nunggu, pada kesempatan ini para pedagang jajanan bahkan pedagang pasar meraup untung dari perhelatan ini. Pada setiap samen di sebuah sekolah, muncul pasar-pasar kaget/dadakan yang mendagangkan mainan anak, baso, sate, bahkan sampai baju. Kayak pasar malam pokona mah..... Kalau dihitung kasar dari sebuah SD yang mempunyai Murid 200 orang, minimal siswa jajan Rp. 50.000 maka perputaran uang pada satu hari di sebuah SD yang samen adalah 10.000.000, begitu besarnya perekonomian kita tersebut.

Berikut beberapa Poto yang bisa diambil oleh admin:
Bagikan artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

-----------------------------Mohon Untuk Tidak Memberikan SPAM----------------------------
----------------------- Marilah kita jalin Blogger yang bijak dan santun----------------------

CAMAT CAMPAKAMULYA

KOMENTAR ARTIKEL

KOMENTAR TWITTER

PANFAGE FACEBOOK

 
Support : Facebook | Twitter | Youtube
Copyright © 2013. CIBANGGALAnet - All Rights Reserved
Template by CW Modified by CG Remodified by Hendra Gunaone & deniwildan
Proudly powered by Blogger