Home » » UPAYA MASYARAKAT SADAR GIZI DI POSYANDU MELATI 2 DESA CAMPAKAMULYA

UPAYA MASYARAKAT SADAR GIZI DI POSYANDU MELATI 2 DESA CAMPAKAMULYA

CAMPAKAMULYA, (24/02/2018). Banyak orang tua serta pemangku kepentingan kurang menyadari bahwa dengan memperhatikan gizi anak sejak dalam kandungan adalah investasi luar biasa bagi kepandaian anak bangsa. Usia balita adalah masa emas yang tidak akan berulang dalam kehidupan manusia. Pertumbuhan sel otak terjadi sangat dominan pada masa tersebut, oleh karenanya perlu upaya dalam menanggulangi keadaan gizi ini secara bersama.

Salah satu konsep penanggulangan permasalahan gizi yang sedang dikembangkan adalah kegiatan Pos Gizi yang merupakan upaya masyarakat untuk  memantau atau merawat anak balita. Pos Gizi  ini merupakan salah satu  kegiatan pengembangan Posyandu (Posyandu Mandiri). Idealnya bila diketahui penyebab utama dari adanya balita gizi buruk/kurang kelompok masyarakat secara bersama bergotong royong menekan penyebab masalah gizi. Masyarakat diharapkan dapat memobilisasi kemampuan yang ada disekitarnya untuk penanggulangan Gizi Buruk . Bila terjadi karena faktor kemiskinan keluarga yang mampu bisa menjadi orang tua asuh.

Kegiatan Pos Gizi di Posyandu Melati 2 Kp. Cibodas Girang Desa Campakamulya Kecamatan Campakamulya dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Pebruari 2018, bertempat di Posyandu Melati 2 dan difasilitasi oleh Kader Posyandu yang telah mengikuti pelatihan PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak). Kegiatan tersebut diikuti oleh 17 bayi dari sasaran Posyandu tersebut. Disamping kegiatan Pos Gizi dilakukan juga kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Sumber dana kegiatan tersebut dari swadaya masyarakat yang dikoordinir oleh kader Posyandu. 

Materi yang disampaikan mengenai makanan dengan gizi seimbang, pengertian stunting dan upaya pencegahannya, serta 10 Indikator PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). Kegiatan tersebut direspon positif oleh sasaran dan mereka berharap kegiatan ini rutin dilakukan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman dalam pola asuh. (Boed/FKGSC).
https://photos.google.com/album/AF1QipOcoMS60C2O2n_8_5bQXZSWK5GgIxfZ8KyTOFD3?hl=id

Bagikan :

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Memberikan SPAM
Marilah kita jalin Blogger yang bijak dan santun

CAMAT CAMPAKAMULYA