Home » , » Profil Paguron Giri Manggala Sakti Cibanggala Campakamulya

Profil Paguron Giri Manggala Sakti Cibanggala Campakamulya

ketika Helaran HJC 2013
Jenis Kesenian : Pencak Silat
Nama Paguron         : Manggala Sakti
Nama Pimpinan : Nurman
Berdiri : 1 Februari 1996
Alamat : Kp. Babakan Panday Desa Cibanggala
Banyak Personil : 8 Orang
            5 Orang Pesilat
            3 Orang Nayaga

Paguron Giri Manggala Sakti terlahir dari kepedulian para Tokoh Pemuda Cibanggala untuk melestarikan budaya bangsa terutama warisan budaya dari Cianjur yang semakin hari kian terlupakan. Dalam Paguron ini diciptakan berbagai jurus yang mempunyai kekhasan beda dari jurus-jurus paguron lain. Jurus-jurus ini dikenal dengan Rigig Cibanggala.

Dengan hanya bermodalkan kepedulian dan keberanian, maka didirikanlah Paguron Giri Manggala Sakti pada tanggal 1 Februari 1996. Setelah paguron berdiri, tidak berapa lama dukungan terus berdatangan dari berbagai pihak. Kini paguron tersebut bukan hanya milik Tokoh Pemuda Cibanggala saja akan tetapi sudah menjadi milik masyarakat Kecamatan Campakamulya.

Prestasi memang belum banyak kami miliki, kami hanya mampu menjadi Juara Tingkat Kecamatan pada Pasigiri Pencak Silat Tahun 2003 yang diadakan oleh KKN IPB di Campakamulya. Prestasi yang kami miliki dilanjutkan menjadi Perwakilan Kecamatan Campakamulya pada Helaran Hari Jadi Cianjur Tanggal 30 Oktober 2013. Akan tetapi, kami siap menjadikan Campakamulya berbangga hati mempunyai Paguron Silat Manggala Sakti, Insya Allah, Amiin. CAMPAKAMULYA MOAL WELEH NGAMUMULE SENI TRADISI MASYARAKAT CIANJUR.

Bagikan :

4 komentar:

  1. Reu'eus ninggal kisobat..Ki Nurman...!
    nuhun P Deni tos Upload photo anjeuna, pami pendak titip saur ka mantena.

    ReplyDelete
  2. hatur nuhun pa deni salam kenal dan salam hangat

    ReplyDelete

Mohon Untuk Tidak Memberikan SPAM
Marilah kita jalin Blogger yang bijak dan santun

CAMAT CAMPAKAMULYA